Rabu, 18 Januari 2012

10 Makhluk Raksasa dari Berbagai Kebudayaan

1. Troll
 Troll adalah makhluk raksasa yg berasal dari Skandinavia. Dia kadang sering digambarkan ganas, beringas namun bodoh dan tak terawat. Saking tak terawatnya, sampai-sampai digambarkan lumut dan jamur yg banyak tumbuh di sekujur tubuhnya. Dalam trilogi Lord Of The Ring, Troll dijadikan tenaga pembawa alat2 berat oleh para Orc dan dlm film Harry Potter, Harry dan Ron berhasil mengalahkan Troll.

2. Ogre
 Ogre adalah maksluk raksasa dlm cerita rakyat Celtic. Ogre juga kadang diceritakan sebagai bagian dari bangsa jin liar yg tinggal di rawa-rawa. Kulitnya berwarna hijau atau kadang hijau ke abu-abuan. Tokoh Shrek dlm film animasi Shrek adalah Ogre. Ogre sendiri mungkin menjadi inspirasi utk tokoh utama dlm flm Hulk

3. Gigant


Dalam mitologi Yunani, Gigant adalah raksasa anak Dewa Gaia (Bumi). Saat Zeus dan saudara2nya berhasil mengalahkan para Titan dlm Perang Titanomakhia, Dewa Gaia marah dan memerintahkan para Gigant utk melawan para dewa Olimpus. Para Gigant pun turun dlm perang yg disebut Gigantomakhia.

4. Cyclops
Dalam mitologi Romawi-Yunani, Cyclops adalah raksasa bermata satu dan kadang digambarkan memiliki kaki kerbau. Saat Pertempuran Titanomakhia, Zeus meminta bantuan para Cyclops karena mereka bisa diandalkan menjadi pandai besi yg handal. Cyclops paling terkenal adalah Polyphemos yg berkonfrontasi dng Odyseus.

5. Buto
Buto dlm bhs. Jawa berarti raksasa. Mungkin kita hanya mengenal Buto salah satunya adalah Buto Ijo. Tapi Buto ada banyak jenisnya seperti Buto Cakil, Buto Jathilan, Buto Terong, dan Buto Rambut Geni. Buto Ijo memang adalah Buto paling terkenal.Buto Ijo muncul dalam Cerita Rakyat dari Jawa Tengah, Timun Mas. Buto Ijo memiliki kesamaan dng Ogre yaitu kulit berwarna hijau dan termasuk jin liar.

6. Oni
Dalam kepercayaan masyarakat Jepang, Oni adalah makhluk yg besar, kuat, jahat dan memiliki kekuatan supranatural. Ia datang dari dunia lain membawa bencana atau nasib baik. Kekuatan spiritual yang dimilikinya begitu menakutkan, dan dipercaya memiliki kekuatan baik sekaligus jahat, sehingga menjadi obyek pemujaan sekaligus dihindari kehadirannya.

7. Jotun

Jotun sama seperti Troll berasal dari mitologi Nordik. Jotun adalah raksasa, ras manusia perkasa dan memiliki ukuran tubuh yang besar dan kekuatan menakjubkan. Mereka bertikai dan bermusuhan dengan para Dewa, meskipun di antara mereka ada yang menikahi para Dewa. Benteng terkuat mereka bernama Utgard yg terletak di Jotunheimr.

8.Ifrit

Ifrit adalah sejenis jin yg memilki ukuran tbuh sangat besar dan dpt menidahkan satu istana dari suatu tempat ke tempat. Ia juga disebut dlm Al Qur'an dlm Surat An Naml [27]:39-40: "Berkata 'Ifrit (yang cerdik) dari golongan jin: "Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgsana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dapat dipercaya.".

9. Detya

Detya secara harfiah berarti "keturunan Diti". Dalam mitologi Hindu, Detya adalah sejenis makhluk jahat/sebangsa raksasa, keturunan Diti, dan Bhagawan Kasyapa. Para Detya sering bertikai dng Aditya atau dng para Dewa meskipun mereka adalah saudara seayah. Kadangkala mereka juga disebut Asura. Detya yg paling terkenal adalah Hiranyaksa, Hiranyakasipu, dan Mahabali.

10.Narasimha
Narasimha atau Narasinga dalam Mitologi Hindu adalah manusia raksasa berkepala singa dan merupakan wujud inkarnasi dari Wisnu yg turun ke Bumi. Dia  merupakan simbol dewa pelindung yg melindungi setiap pemuja Wisnu jika terancam bahaya. Wisnu mengambil wujud Narasimha utk membunuh Hiranyakasipu dan merupakan cara pembunuhan paling sadis yg dilakukan Dewa Wisnu.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar